Tips untuk kalian yang merawat hewan kecil yang berduri

Tips untuk kalian yang merawat hewan kecil yang berduri

Hewan mini yang berduri

Tips untuk kalian yang merawat hewan kecil yang berduri – Cara merawat landak mini tidaklah susah, tapi tidak bisa dibilang gampang juga. Landak mini adalah hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan tidur saat siang hari.

Belakangan ini, memelihara landak mini menjadi tren di lingkaran pecinta binatang karena hewan ini lucu dan menggemaskan.

LANDAK mini bisa jadi pilihan untuk hewan peliharaan kamu. Merawat landak itu susah-susah-gampang. Susah karena kebutuhannya agak ribet, gampang karena sebenarnya kita tidak perlu mengajak main setiap hari karena landak mini merupakan hewan yang soliter. Itu berarti mereka tidak suka hidup berkelompok dan lebih memilih menyendiri sepanjang hidup meskipun memang tetap kawin dan beranak-pinak.

Cara Merawat Landak Mini di Rumah

Cara Merawat Landak Mini dengan Mengenali Karakteristiknya

Dalam memelihara hewan, mempelajari karakteristiknya adalah hal wajib yang harus dilakukan supaya ke depannya kamu lebih paham dalam merawat. Pun jika terjadi masalah, kamu lebih cepat menemukan solusinya karena kamu telah paham karakteristiknya:

Berikut adalah karakteristik landak mini:

  • Pemalu

Saat belum kenal dan kamu berusaha menyentuhnya, landak mini akan menggulung seperti bola. Ini adalah mekanisme pertahanan alami landak karena dia masih malu dan menganggap orang yang belum kenal sebagai ancaman bahaya.

  • Penglihatan Buruk

Pada awal kelahirannya, landak mini terlahir buta. Baru dalam hitungan minggu penglihatannya akan berangsur membaik. Meskipun landak mini telah dewasa, penglihatannya masih tergolong buruk dibanding hewan peliharaan lain.

  • Duri Tidak Mudah Rontok

Beberapa bulan setelah lahir, landak mini akan mengalami fase rontoknya duri. Namun ini adalah duri lunak dan akan digantikan dengan duri yang lebih kuat.

Kandang

Siapkan kandang yang cukup besar, bisa kandang kelinci ataupun menggunakan kontainer besar. Minimal ukuran kandang ialah 75 cm x 45 cm x 30 cm. Dasar dari kandang harus solid tidak boleh bolong-bolong karena kaki landak bisa tersangkut dan patah.

Selain kandang, kamu juga perlu menyiapkan kotak bersembunyi atau rumah-rumahan di dalam kandang. Landak mudah stres dan sangat suka bersembunyi.

Pastikan suhu yang nyaman

Landak perlu suhu yang agak hangat, sekitar 72ºF (22.2ºC) sampai 80ºF (26.6ºC). Jika suhu kurang dari ini, landak akan melakukan “hibernasi” yang bisa berakibat FATAL, dan jika terlalu panas, maka landak akan stress. Atur suhunya, jika mereka kepanasan, mereka akan keluar dari sangkar mereka. Jika suhu tubuh mereka lebih rendah dari suhu sekitar, hangatkan mereka di bawah kaos anda dan gunakan panas tubuh anda untuk menghangatkannya.

Memandikannya Secara Teratur

Landak mini juga perlu mandi supaya tidak bau dan kesehatannya tetap terjaga. Cara memandikannya pun bisa dibilang cukup mudah hanya perlu menyiapkan ember kecil berisi air, sikat gigi, dan sabun atau sampo bayi.

Masukkan landak mini ke dalam ember, lalu tuangkan sampo bayi ke tubuhnya dan sikat perlahan-lahan. Bagian yang sangat perlu dibersihkan adalah bagian perut dan sela-sela tubuhnya.

Bilas tubuhnya hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa sampo yang tersisa. Setelah dibilas, keringkan tubuhnya dengan kain atau handuk bersih.

Obat

Kamu harus mesnyiapkan Betadine jika landak terluka. Landak merupakan hewan yang cukup lincah sehingga dalam aktivitas kesehariannya sering kali landak berdarah karena terbentur sesuatu atau terkena durinya sendiri. Jika landak berdarah, cukup teteskan sedikit Betadine agar luka cepat kering.