Tips Mudah Memelihara Anak Kucing Untuk Pertama Kali

Tips Mudah Memelihara Anak Kucing Untuk Pertama Kali

Tips Mudah Memelihara Anak Kucing Untuk Pertama Kali

Tips Mudah Memelihara Anak Kucing Untuk Pertama Kali – Siapa sih yang nggak suka sama hewan gemas dan lucu yang satu ini. Hewan berbulu yang menggemaskan ini memang kerap menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan.

Sayangnya, kadang kita terlena dengan kelucuannya sehingga lupa bahwa si gemas ini tetaplah seekor hewan yang memerlukan perlakuan khusus tentunya.

Dikutip dari laman https://doelgercenter.com/  berikut  tips untuk kamu yang baru pertama kali memelihara kucing, mari simak beberapa tipsnya..

1. Siapkan kebutuhan dasar untuk kucing 

Kebutuhan ini berupa:

  • Makanan beserta wadahnya
  • Minum beserta wadahnya
  • Sekop kotoran
  • Litter box
  • Pasir kucing
  • Sampo kucing
  • Hair dryer
  • Gunting kuku kucing
  • Sikat bulu
  • Tas kucing atau cat container
  • Kandang
  • Mainan kucing

Kamu juga dapat menambah beberapa kebutuhan lainnya seperti snack, vitamin, maupun papan cakar. Kebutuhan ini bersifat primer. Jadi, pastikan kamu milikinya ya sebelum adopsi kucing.

2. Kenalkan lingkungan sekitar pada kucing 

Sewaktu pertama kucing kamu datang ke rumah, jangan langsung ajak bermain. Ingat, dia baru saja masuk ke lingkungan baru. Bisa-bisa kucing kamu malah stress dan menjadi penakut.

Yang harus kamu lakukan adalah menaruh tas kucing dalam keadaan terbuka dalam rumah. Pilih area tempat berkumpul seperti ruang keluarga atau ruangan khusus untuknya. Pastikan pintu dalam rumah terbuka semua sehingga dia dapat mengeksplor lingkungan barunya. Untuk sementara jangan ajak bermain dahulu selama 1-2 hari, biarkan dia mendekatimu sendiri terlebih dahulu untuk memastikan bahwa dia merasa aman didekatmu. Sesekali kamu bisa menyentuh atau membelai si meong kok.

3. Kiat mengganti makanan kucing  

Jangan langsung mengganti merek makanan. Jika memang ingin ganti, campur merek makanan lama dengan merek pengganti. Atur kuantitas takaran merek lama lebih banyak. Perlahan kamu dapat mengurangi takaran merek lama sampai takaran benar benar habis. Imbangi makanan kering dengan makanan biologisnya dan snack. Makanan biologis dapat berupa ayam maupun ikan mentah maupun yang sudah dikukus atau direbus. Jangan lupa beri susu dan vitamin khusus kucing secara rutin.

4. Beri area yang benar-benar khusus untuknya 

Area ini dapat berupa area bermain atau bahkan ruangan khusus. Jika kamu tidak memiliki space yang cukup luas, tidak masalah. Gunakan pojok ruangan atau space tertentu, letakkan rumah-rumahan, papan mencakar ataupun media memanjat kucing. Dilansir dari youtube SBS Animal Channel, hal ini penting sebagai wilayah teritori yang memang miliknya sendiri untuk menghindari symtomp kucing berupa menandai wilayah dengan kencingnya.

5. Grooming is essentials 

Kucing adalah hewan yang suka kebersihan. Agar tetap sehat, bersihkanlah kotoran setiap hari serta mandikan kucing 2-3 minggu sekali. Untuk potong kuku dan menyikat bulu kamu bias atur sesuai kebutuhan. Atur jadwal setiap aktivitas grooming sehingga kamu tidak bingung kapan harus melakukannya. Pastikan kamu tidak melewatkannya ya!