Tips Memelihara Ikan Koi

Tips Memelihara Ikan Koi

Tips Memelihara Ikan Koi Berkualitas

Memelihara Ikan Koi – Kerabat dari ikan mas termasuk ikan hias di air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat. Jadi dengan permintaan yang semakin tinggi, ini membuat peternak koi kewalahan. Sayangnya, itu sebenarnya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menjual koi yang kualitas buruk atau bahkan kesehatan yang buruk.

1. Siapkan Kolam
Jika ditentukan untuk membeli jenis ikan koi, hal berikutnya yang Anda butuhkan untuk dicatat adalah persiapan kolam. Karena kau harus memperhatikan jenis kolam, kualitas air, dan keasaman air.

Ada beberapa jenis kolam yang dapat Anda gunakan sebagai tempat memelihara koimu. Bisa menjadi kolam semen, kolam taman, atau kolam tanah. Jelas, tidak disarankan untuk menjaga ikan koi di akuarium karena ia membutuhkan ruang yang cukup luas.

2. Atur jumlah ikan yang akan dipelihara dalam satu kolam
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ikan koi perlu cukup ruang untuk gerak agar lega. Ini dimaksudkan bahwa ikan koi bahwa Anda dapat cepat besar.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan jumlah ikan koi Anda akan tetap di kolam Anda. Karena jumlahnya tidak sesuai dengan kapasitas kolam bisa menghambat pertumbuhan peliharaanmu. Coba atur ulang jumlah ikan koi yang kau punya dengan ukuran kolamnya.

Menjaga Kualitas Air Kolam

Seperti juga beberapa jenis ikan hias lainnya, ikan koi membutuhkan sangat baik kualitas air. Oleh karena itu Anda harus selalu memperhatikan untuk suhu dan tingkat kekeruhan air.

Bahkan, Anda juga harus memastikan air yang anda gunakan jelas air bebas dari kontaminasi apapun, termasuk bahan kimia. Jadi, pastikan jangan menggunakan air yang terkontaminasi dengan klorin.

Selain itu, kau harus pastikan Kolam tidak akan keruh. Anda harus mengganti 10% dari air kolam setidaknya sekali seminggu. Bahkan, meskipun Anda menggunakan sistem penyaring dalam kolam, Anda masih harus secara teratur mengganti air.

4. Karantina Pertama
Setelah berhasil memelihara jenis ikan koi, kadang-kadang Anda memiliki keinginan untuk menambahkan jenis lain. Namun, Anda masih harus memperhatikan untuk beberapa hal pertama sebelum menambahkan ikan koi ke kolam.

Jelas, jangan sampai kau masuk ikan yang terkontaminasi dan membawa bakteri ke dalam kolam. Jika ikan itu sakit maka akan mempengaruhi koi-koi lama yang telah kamu pelihara di kolam.

Untuk itu, akan lebih baik Anda mengkarantina ikan selama beberapa hari di bak mandi terpisah. Kemudian, setelah Anda yakin ikan baru tidak akan membawa hal-hal buruk untuk hewan peliharaan Anda yang lain, Anda dapat memasukkannya ke dalam kolam.

Sumber: medium.com