Tempat wisata lombok yang wajib dikunjungi ketika liburan

Tempat wisata lombok yang wajib dikunjungi ketika liburan

Tempat wisata di lombok

Tempat wisata lombok yang wajib dikunjungi ketika liburan – Lombok merupakan alternatif destinasi wisata populer di Indonesia Tengah, cocok untuk yang ingin mencari tempat wisata seindah Bali, namun relatif lebih sepi. Selain memiliki pemandangan indah, Lombok juga menawarkan wisata pantai, budaya, sejarah, hingga kuliner.

Berbagai destinasi di pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang selalu diminati banyak wisatawan.

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok.

Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, serta pemandangan bawah laut yang indah. Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Kuta antara lain adalah snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan melihat matahari terbenam.

Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup lengkap, seperti misalnya homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, hingga warung makan. Pengunjung sebaiknya datang antara pukul 09:00 dan 15:00 untuk menikmati suasana serta ombak yang optimal.

Jika ingin melihat matahari terbenam, datanglah sekitar pukul 16:00 atau 17:00 untuk menikmati suasana sore di Pantai Kuta.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Di area sekitar 40.000 hektar, berdiri kokoh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan, mulai dari lereng hingga ke puncak tertingginya, yaitu Puncak Dewi Anjani. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, di  Rinjani ada Segara Anak. Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya? Kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.

Segara Anak

Nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pendaki Gunung Rinjani. Tempat ini merupakan favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian. Danau vulkan dengan kedalaman 230 meter ini, dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau.

Segara Anak memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah di atas ketinggian 2.000 mdpl. Di sekitar danau, kamu juga bisa melihat panorama Gunung Barujari yang sering disebut sebagai “gunung di atas gunung”. Barujari merupakan anak gunung dari Rinjani dan masih aktif hingga saat ini. Setidaknya, kamu wajib ke sini sekali seumur hidup!

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica.

Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula. Pantai Tanjung Aan adalah tempat wisata di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka warung makan sederhana.

Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Pada bulan Februari dan Maret, tempat wisata di Lombok ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, selain Pantai Kuta dan sekitarnya. Pantai Tanjung Aan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. Terdapat kendaraan umum yang melewati Pantai Tanjung Aan, namun jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu, pelancong disarankan untuk menyewa motor atau mobil.

Bukit Pergasingan

Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.