Tempat Wisata Indah, Yang Rusak Gara-Gara Ulah Wisatawan

Tempat Wisata Indah, Yang Rusak Gara-Gara Ulah Wisatawan

Tempat Wisata Indah, Yang Rusak Gara-Gara Ulah Wisatawan

Info Travelling dan Maskapai di Indonesia: 10 Tempat Wisata ...

Tempat Wisata Indah, Yang Rusak Gara-Gara Ulah Wisatawan – Tempat wisata yang indah tentunya dapat mengundang banyak kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Sayangnya, Banyaknya kunjungan tidak diimbangi dengan rasa kepedulian untuk membuang sampah pada tempatnya.

Berikut beberapa tempat wisata yang indah di belahan dunia yang rusak karena ulah wisatawan, antara lain:

1. Pantai Maya, Thailand 

Thailand Tutup Kawasan Wisata The Beach untuk Sementara - Travel ...

Jika melihat pantai yang satu ini pasti akan terpukau dengan keindahan air laut yang jernih dengan dikelilingi tebing yang tinggi, sangat wajar menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Salah satu penyebab ramainya wisatawan berbondong-bondong ke pantai ini adalah karena tempat ini digunakan sebagai lokasi film The Beach yang dirilis pada tahun 2000.

Tempat wisata yang terletak di Thailand ini setiap harinya bisa menerima hingga lima ribu wisatawan, angka tersebut sudah melebihi kapasitas maksimal pantai. Membuat kehidupan terumbu karang di sekitar pantai juga diperkirakan telah kehilangan 80 persen karena ulah penyelam yang tidak bertanggung jawab.

2. Garis Nazca, Peru 

Rusak Warisan Budaya PBB di Peru, Greenpeace Minta Maaf ...

Nazca Lines atau Garis Nazca yang terletak di Peru dan merupakan tempat bersejarah berusia 2000 tahun yang dilindungi. Garis-garis nazca ini sendiri merupakan rangkaian geografi yang terletak di Gurun Sechura, geografi ini diperkirakan dibuat oleh kebudayaan Nazca antara 200 sebelum masehi dan 700 masehi.

Sayangnya tempat bersejarah ini harus rusak akibat seorang sopir truk yang tidak sengaja melintasi dan merusak salah satu tempat paling misterius di dunia ini. Hal ini terjadi karena supir truk tidak melihat adanya larangan melintas di kawasan tersebut, pihak berwenangpun langsung menahan supir truk tersebut.

3. Pantai Boracay, Filipina 

Jangan Kaget! Ini Alasan Utama Wisata Di Boracay Filipina Tutup ...

Pulau yang terletak di Filipina ini memiliki pasir pantai yang putih dan air yang jernih kebiruan, menjadi magnet kedatangan turis atau wisatawan. Sayangnya para turis atau wisatawan yang berkunjung banyak yang tidak menjaga dan justru mengotori tempat wisata ini.

Akibatnya Presiden Filipina memutuskan untuk menutup sementara selama 6 bulan tempat wisata ini, alasan utama penutupan sementara pulau ini adalah semakin banyaknya sampah yang mengotori sekitar pulau. Bahkan sampah-sampah yang dibuang wisatawan sembarangan mudah ditemui di wilayah pantai dan parahnya lagi sampah juga banyak menutup di pesisir pantai.

Tapi setelah melewati masa perbaikan kini Pulau Boracay telah dibuka kembali untuk berwisata. Namun terdapat aturan baru di Pulau Boracay contohnya seperti setiap hotel diwajibkan bertanggung jawab terhadap limbah mereka.

4. Pulau Bali, Indonesia 

FOTO: Potret Para Turis Asing di Pantai Kuta Bali - News Liputan6.com

Keindahannya sudah sangat populer dan terkenal sampai ke mancanegara. Tidak heran jika setiap liburan Pulau Bali selalu dibanjari oleh turis baik lokal maupun internasional, sayangnya keindahan pantai di Pulau Bali dengan turis tidak diikuti dengan turis yang menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya.

Persoalannya adalah sampah, bahkan saat ini sudah jadi pemandangan umum pantai-pantai di Pulau Bali yang kotor akibat dari tumpukan-tumpukan sampah. Bahkan beberapa waktu lalu sempat viral foto yang menunjukkan betapa banyaknya sampah di pantai Pulau Bali.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemerintah Kota Denpasar mencatat volume rata-rata tumpukan sampah di Bali pada tahun 2018 mencapai 10.849 meter kubik/hari.