Tempat Wisata di Mojokerto Yang Populer Saat Ini

Tempat Wisata di Mojokerto Yang Populer Saat Ini

Tempat Wisata di Mojokerto Yang Populer Saat Ini

Tempat Wisata di Mojokerto Yang Populer Saat Ini – Mojokerto merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang tak boleh terlewatkan. Tapi tak hanya itu saja yang bisa dinikmati di kota yang masuk dalam Gerbang kertosusilo di Jawa Timur ini.

Dilansir https://koocopy.com berikut ini kita akan membawa anda berkeliling di kota mojokerto yang mempunyai tempat wisata yang keren ini. Penasaran bukan, yuk simak!

1. Situs Trowulan 

Situs Trowulan

Ketika jalan-jalan ke Mojokerto, hal yang tak boleh dilewatkan ialah mengunjungi situs  purbakalanya yang ada di kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Di situs ini setidaknya terdapat lebih dari 10 situs purbakala peninggalan jaman kerajaan Majapahit.

Dari Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Kolam Segaran, Gapura Wringin Lawang hingga makam Putri Campa bisa Anda temukan di situs bersejarah ini. Tak hanya sekedar belajar tentang sejarah masa lalu, tempat wisata di Mojokerto ini juga bisa jadi spot foto yang instagramable.

2. Maha Vihara Mojopahit  

Maha Vihara Mojopahit

Jika ingin melihat megahnya patung Budha tidur sekarang tak perlu repot-repot ke Thailand, sebab di Mojokerto juga ada dan tak kalah megah, lho! Berlokasi di desa Bejijong, kecamatan Trowulan, patung Budha tidur ini ada di area sebuah vihara bernama Maha Vihara Mojopahit.

Dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, vihara ini memiliki bangunan utama dengan gaya arsitektur Jawa dan atap bangunan berbentuk Joglo. Yang menarik dari vihara tersebut dan kini jadi ikon wisata di Mojokerto ialah karena Patung Budha tidurnya yang di sebut-sebut jadi salah satu yang termegah di Asia Tenggara selain yang ada di Nepal dan Thailand.

3. Gunung Penanggungan 

Gunung Penanggungan

Tempat wisata di Mojokerto yang selanjutnya ini cukup unik karena masuk dalam dua wilayah, sebagian masuk kabupaten Mojokerto dan sebagiannya lagi masuk wilayah kabupaten Psuruan. Destinasi ini ialah Gunung Penanggungan yang disebut-sebut sebagai miniaturnya Gunung Semeru.

Sebab di bagian puncak gunung Penanggungan juga terdapat hamparan pasir bebatuan yang cukup luas, persis seperti di Gunung Semeru. Memiliki ketinggian 1.653 meter diatas permukaan laut, gunung ini terbilang cukup sedang dan cocok untuk pendaki pemula yang baru belajar mendaki.

Untuk menjelajahi keindahan gunung ini melalui Mojokerto, setidaknya ada empat jalur pendakian yang bisa dilalui, yakni melalui desa Jolotundo, desa Kedungundi, Tamiajeng dan juga desa Ngoro.

4. Musem Sanggar Gubug Wayang 

Musem Sanggar Gubug Wayang

Sebagai kota yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, Mojokerto memang sarat dengan destinasi bernuansa sejarah. Seperti salah satunya Musem Sanggar Gubug Wayang ini misalnya yang akan membuat Anda mengenal benda-benda yang berhubungan dengan wayang.

Mulai dari berbagai macam bentuk wayang, baik wayang kulit, wayang golek hingga wayang rumput dan wayang potehi bisa Anda temukan di sini, gamelan, keris, reog dan banyak lagi yang lain. Berselfis dengan ragam jenis wayang juga bisa jadi hal mengasyikan yang bisa di lakukan di sini, lho.

5. Air Terjun Coban Canggu 

Air Terjun Coban Canggu

Berlokasi di Desa Padusan kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto, air terjun Coban Canggu menyuguhkan pesona yang lebih menyejukkan karena berada di lereng Gunung Welirang. Suasana alamnya pun begitu mempesona dengan hamparan pepohonan hijau di sejauh mata memandang, jauh berbeda saat berada di kota Surabaya yang penuh sesak gedung bertingkat dan kendaraan yang macet.

Dari area parkir ke lokasi air terjun, Anda harus melewati turunan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Di sepanjang jalan terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat saat mulai lelah. Tetapi semuanya akan langsung terbayarkan sesaat setelah sampai di lokasi air terjun Coban Canggu ini. Air terjun dengan ketingian 70 hingga 80 meter ini terlihat begitu memukau dengan suasana alam instagramable.