Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Alasannya

Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Alasannya

Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Alasannya

Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Alasannya –  Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi sejumlah orang. Selain karena tingkahnya yang lucu, anjing sering dianggap sebagai hewan setia. Jika diperhatikan, anjing selalu mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi. Hal itu dilakukan anjing karena ada beberapa latar belakang yang menyebabkannya.

Tergantung pada suasana hati Anda, seekor anjing yang mengikuti Anda ke mana-mana dapat mengganggu atau menggemaskan. Perilaku ini juga membingungkan jika Anda bukan merupakan seorang pakar perilaku hewan peliharaan.

Dikutip dari Mental Floss, Rabu (4/11/2020), para ahli Daftar IDN Poker mengatakan anjing selalu mengikuti pemiliknya karena mentalitas kelompok mereka. Anjing masih menganggap dirinya sebagai bagian dari anggota kelompok seperti nenek moyangnya.

Ketika tidak ada anjing lain di sekitarnya, maka manusia dianggap sebagai kawan bagi mereka. Menurut Reader’s Digest, naluri genetik inilah yang juga memotivasi anjing untuk selalu mencari sentuhan fisik manusia.

Alasan kedua yang melatarbelakangi perilaku tersebut karena hubungan yang dibangun antara anjing dan pemiliknya.

Salah seorang dokter hewan, Rachel Barrack, mengatakan kepada American Kenel Club bahwa anak anjing berusia 6 bulan dapat menganggap pemiliknya seperti induknya sendiri. Bahkan anjing yang lebih tua dapat terikat dengan pemiliknya karena perhatian, kasih sayang, keamanan, dan kepercayaan di antara keduanya.

Penjelasan terakhir mengapa anjing selalu mengikuti pemiliknya mungkin karena perlakuan khusus terhadap hewan tersebut. Misalnya dengan memberikan hadiah atau camilan kepada anjing saat mereka melakukan hal positif. Artinya, mengasosiasikan hadiah dengan perilaku positif anjing.

Anjing yang selalu mengikuti Anda mungkin akan terasa mengganggu, tetapi biasanya itu bukan pertanda masalah yang lebih besar.

Jika ada, itu berarti anjing Anda melihat Anda secara positif. Jadi nikmati ikatan persahabatan secara ekstra dengan hewan peliharaan Anda.

Anjing yang selalu mengikuti pemiliknya bukanlah pertanda buruk. Justru ini merupakan hal yang baik karena anjing melihat pemiliknya secara positif.