Ikan Hias Paling Populer Untuk di Pelihara

Ikan Hias Paling Populer Untuk di Pelihara

5 Jenis Ikan Hias Paling Populer Untuk di Pelihara

Ikan Hias Paling Populer Untuk di Pelihara – Memiliki kolam atau akuarium ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mengurangi stres. Saat kita memandang gerakan ikan di akuarium, ternyata memiliki efek yang sama saat kita dihipnotis maupun saat meditasi.

Namun ikan hias memiliki ragam jenis dan cara perawatan. Memelihara ikan hias juga harus disesuaikan dengan kantong kita. Berikut jenis ikan hias yang populer dipelihara dari yang murah hingga yang paling mahal.

Ikan Mas Koki
Ikan mas hias atau Carassius auratus adalah ikan yang paling populer dan banyak dipelihara di akuarium. Ikan mas hias merupakan ikan yang berasal dari air tawar berwarna oranye dan memiliki sirip ekor ganda karena mutasi.

Ikan ini pertama kali berhasil dipelihara di China seribu tahun yang lalu. Ikan ini tipikal ikan yang akan terus makan saat diberi makan dan baru berhenti saat makanan habis.

Ikan Arwana
Apabila Anda mendengar nama ini, tentu saja Anda akan mengingat salah satu komedian Indonesia yaitu Tukul Arwana. Ikan Arwana ini atau dengan nama ilmiahScleropages formosusmemiliki banyak nama di kalangan masyarakat. Ada yang menyebutnya siluk merah, ikan naga atau pun ikan khayangan.

Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan hidup di air tawar. Tubuh ikan ini berukuran panjang dan kerap dihubungkan dengan naga di mitologi Tionghoa. Namun sayangnya ikan ini mulai terancam punah karena terlalu banyak diambil dari habitat aslinya.

Ikan Koi
Ikan koi adalah ikan yang biasa digunakan sebagai symbol cinta dan persahabatan. Ikan ini masuk dalam jenis ikan mas (Cyprinus carpio). Ikan koi banyak dirawat di kolam maupun akuarium karena keindahan coraknya. Ikan ini juga biasa disebutatau nishikigoi atau yang berarti bersulam emas.

Rata-rata ikan koi bisa hidup hingga 30 tahun. Karena umurnya yang panjang, di Jepang ikan koi biasa dijadikan teman seumur hidup. Harga ikan koi pun masih terjangkau yaitu kisaran Rp 40.000 hingga Rp 400.000 tergantung umur, ukuran, dan coraknya.

Ikan Louhan
Ikan Louhan atauAmphilophus trimaculatusmerupakan ikan yang mudah dikenali karena benjolan di kepalanya, yang membuat mereka mendapat julukan benjol kelam. Ikan ini memiliki habitat asli di Thailand dan Malaysia. Ia pun mulai banyak dikembangbiakkan pada tahun 1993.

Menurut mitos ikan ini dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan, sehingga cukup banyak dipelihara. Harga ikan Louhan ini pun beragam tergantung jenisnya. Untuk harganya bervariasi, mulai Rp 200.000 hingga Rp 3.500.000.

Ikan Neon Tetra
Ikan neon tetra atau Paracheirodon innesi adalah ikan yang berasal dari lembah Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini merupakan ikan yang suka berkelompok dan ukurannya badannya cukup kecil.

Keunikan ikan ini terletak pada warna sisiknya yang mengkilap bahkan akan terlihat dalam keadaan gelap. Ikan neon tetra ini memakan nyamuk, jentik, cacing darah atau pun pelet khusus ikan nenon tetra.