Hewan Besar Pemakan Hewan yang Sangat Kecil

Hewan Besar Pemakan Hewan yang Sangat Kecil

Hewan Besar Pemakan Hewan yang Sangat Kecil

Hewan Besar Pemakan Hewan yang Sangat Kecil – Berdasarkan dari jenis makanan binatang dibagi menjadi tiga jenis yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora. Ada banyak sekali contoh hewan karnivora seperti macan, singa dan lain-lain.

Binatang atau hewan karnivora merupakan kelompok binatang pemakan daging. Hewan herbivora merupakan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan seperti rumput, sayur-sayuran, buah-buahanan dan biji-bijian.

Dan hewan omnivora adalah hewan pemakan segala yaitu memakan daging, tumbuhan dimakan semua.

Hewan-hewan dari kelompok karnivora ini biasanya termasuk kedalam binatang yang cukup buas. Oleh karena itu manusia harus berhati-hati dan juga waspada saat bertemu dengan binatang karnivora.

Dalam dunia hewan, hal yang wajar jika hewan karnivor bertubuh besar memangsa hewan berukuran besar pula, misalnya singa yang memangsa zebra atau anakonda yang memangsa rusa. Itu karena mereka butuh banyak kalori untuk tubuhnya yang besar dan kalori tersebut dapat dipenuhi dari mangsa yang besar pula.

Namun, hal yang sebaliknya pun kerap terjadi. Beberapa karnivor bertubuh besar rupanya lebih senang makan hewan yang berukuran sangat kecil. Makanya, mereka tentu butuh makan dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhannya.

Hiu paus

Seperti paus balin, hiu paus (Rhincodon typus) juga mengonsumsi hewan kecil sebagai makanan utamanya. Meskipun termasuk hiu dan berukuran hingga lebih dari 12 meter, hiu yang satu ini tidak perlu ditakuti.

Sambil membuka mulutnya lebar-lebar, hiu paus akan menyaring plankton, krill, dan ikan kecil dari air laut. Laman National Geographic menyebut bahwa ikan terbesar di dunia ini merupakan hewan yang lembut dan toleran terhadap penyelam. Namun, justru keberadaan mereka yang terancam akibat perburuan oleh manusia.

Ikan pari manta raksasa

Namanya saja manta pari raksasa, tentu ukuran ikan ini sangat besar. Ikan pari biasanya tidak diukur panjangnya, tetapi lebarnya. Sementara, ikan ini adalah yang terbesar di antara semua pari dengan lebar mencapai 8,8 meter dan berat 2,4 ton.

Namun, seperti paus balin dan hiu paus, raksasa ini juga hanya makan plankton dan hewan kecil lainnya. Memanfaatkan gerakan siripnya, ikan pari ini berenang sambil mengarahkan lebih banyak air laut beserta makanan masuk ke dalam mulutnya.

Paus balin

Secara umum, paus terbagi menjadi dua jenis, yaitu paus bergigi dan paus balin. Paus bergigi memiliki gigi dan memangsa hewan, seperti ikan dan cumi-cumi. Adapun, contoh paus bergigi yaitu paus sperma. Sementara, paus balin tidak memiliki gigi tetapi memiliki balin, semacam tulang yang berstruktur seperti sikat untuk menyaring makanan.

Beberapa contoh paus balin, yaitu paus biru dan paus bungkuk. Mereka menggunakan balinnya untuk menyaring makanan berupa krill, plankton, dan ikan kecil. Makanya, perbandingan antara ukuran tubuh paus balin dengan makanannya sangat jauh berbeda.

Paus biru, misalnya, memiliki ukuran panjang hingga 32 meter dan berat 200 ton. Sementara, krill yang jadi makanannya hanya berukuran sekitar 1-2 cm saja. Itu sebabnya, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, laman Whale Facts menyebut bahwa paus biru harus mengonsumsi hingga 40 juta ekor krill per hari atau setara dengan 3,6 ton makanan per hari!