Hewan Albino Langka Ini Unik Banget

Hewan Albino Langka Ini Unik Banget

Hewan Albino Langka Ini Unik Banget

Hewan Albino Langka Ini Unik Banget – Dunia hewan selalu menarik untuk dipelajari. Ada beragam keunikan dan ragam hewan, gak hanya di Nusantara, namun juga di seluruh dunia. Salah satunya dengan kemunculan hewan albino dan leukisme yang sangat langka.

Kenapa albino bisa sangat langka? Albino adalah kelainan genetik yang membuat tubuh gak bisa menghasilkan pigmen melanin sebagai pelindung dari sinar matahari. Itu sebabnya albino cenderung berwarna putih. Secara etimologi, albino berasal dari bahasa Latin “albus” yang berarti ‘putih’. Mungkin kamu akan teringat penyihir Albus Dumbledore dalam serial Harry Potter.

Sementara, leukisme adalah kondisi hilangnya sebagian pigmentasi yang membuat hewan berwarna, putih, pucat dan belang pada bagian kulit, rambut, bulu, sisik atau kutikula. Namun, kondisi ini gak berpengaruh pada mata. Berbeda dengan albino, leukisme disebabkan oleh berbagai jenis pigmen, gak hanya melanin.

Setiap hewan yang ada di alam selalu memiliki warna khas. Namun dalam perkembangannya ternyata ada yang mengalami albinisme, yaitu kekurangan melanin bawaan yang menyebabkan kurangnya warna kulit.

Sehingga warna dari hewan tersebut akan cenderung berwarna putih seluruhnya. Padahal setiap hewan pasti memiliki warna khas seperti seekor gagak yang selalu memiliki bulu hitam, atau serangga mantis yang selalu berwarna hijau.

Namun kali ini hewan-hewan tersebut ternyata ada yang mengalami albinisme yang membuat orang takjub dengan warnanya. Potret hewan albino ini pun menjadi perhatian karena saat bersama kawanannnya, ia pun tentu berbeda sendiri.

Baik hewan malam, serangga hingga hewan yang memiliki warna khas pun bisa mengalami albinisme.

Jerapah super langka ini ditemukan di Taman Nasional Terangire Tanzania

Para ilmuan dari New Hampshire, Wild Nature Institute melaporkan lahirnya anak jerapah masai pada 2015. Pemandu wisata lokal menamainya Omo, salah satu nama detergen lokal yang populer.

Beruang kermode atau beruang spirit putih di hutan hujan British Columbia

Di hutan hujan yang ditutupi lumut di British Columbia, tepatnya di antara pohon cedar merah seribu tahun, beruang hitam lahir dengan bulu putih. Beruang ini adalah varian dari beruang hitam Amerika Utara.

Singa putih karunia Ilahi

Singa putih pemakan gazel (kambing dengan tanduk lurus tegak) ditemukan di Suaka Margasatwa Afrika Selatan. Menurut cerita rakyat Afrika, singa putih adalah anak dari Dewa Matahari yang dikirim ke bumi.

Snowflake, satu-satunya gorila barat dataran rendah albino dalam sejarah

Sayangnya, pada 2003 gorila bernama Snowflake ini mati karena kanker kulit di Kebun Binatang Barcelona.

Gajah keberuntungan di Naypyidaw, Myanmar

Pada 2012, gajah putih baru lahir terlihat mandi di Naypyidaw, Myanmar. Di Thailand, gajah putih dianggap keberuntungan karena berkaitan dengan kelahiran Sang Buddha.