Cara Melatih Anjing Supaya Cepat Patuh dan Pintar

Cara Melatih Anjing Supaya Cepat Patuh dan Pintar

Cara Melatih Anjing Supaya Cepat Patuh dan Pintar

Cara Melatih Anjing Supaya Cepat Patuh dan Pintar – Memelihara hewan memang baik untuk merangsang jiwa penyayang dan tanggung jawab. Banyak pilihan memelihara hewan, mulai dari kucing, anjing, ikan hias, dan masih banyak lagi.

Memelihara hewan peliharaan memang akan dijumpai suka dan dukanya. Sukanya jika hewan peliharaan bisa menghibur di kala suasana hati sedang tidak baik, patuh dan tidak membuat kerepotan.

Dukanya jika hewan peliharaan membuat jengkel seperti membuang air besar atau kecil sembarangan, tidak menurut hingga mengganggu ketenangan tetangga sekitar rumah.

Anjiing adalah hewan peliharaan yang menjadi pilihan favorit, karena anjing merupakan hewan yang lucu dan cukup pintar serta tanggap saat diajari.

Melatih hewan peliharaan seperti anjing memang susah-susah gampang. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Melatih anjing agar duduk. 

Terkadang anjing sangat aktif dan sulit untuk dikendalikan. Untuk itu sebagai pemilik Anda bisa melatih anjing agar duduk dan tenang. Berikut ini cara pelatihan yang bisa Anda lakukan.

  • Sediakan makanan kesukaannya dan pegangi erat di tangan kiri.
  • Dekatkan makanan kesukaan di depannya, kemudian katakan duduk. Pastikan jangan memberikan makanan terlebih dahulu, biarkan anjing menunggu di tempat sebab naluri anjing saat menunggu adalah duduk.
  • Gunakan telunjuk tangan kanan Anda dan dekatkan ke depan muka anjing untuk diam dan duduk dengan tenang.
  • Jika anjing sudah mulai tenang dan menurut untuk duduk, barulah berikan makanan tersebut.
  • Lakukan dengan rutin untuk membiasakan anjing Anda.

Mendidik anjing agar buang air kecil dan besar di tempatnya.

Tentu merepotkan jika anjing kesayangan buang air besar dan kecil sembarangan. Berikut ini cara melatih anjing agar buang air besar atau kecil di tempatnya dengan teratur.

  • Perhatikan tanda-tanda anjing ingin buang air, seperti mengendus atau melakukan gerakan berputar. Jika menunjukkan ciri-ciri ini segera bawa ke tempat buang air yang telah disediakan. Pastikan tempatnya tidak berubah-rubah lokasinya sehingga anjing Anda terbiasa di tempat yang sama.
  • Biasakan setelah makan atau bangun pagi membawa anjing ke tempat buang air.
  • Lakukan hal ini secara rutin setiap hari agar anjing lebih terbiasa.
  • Selalu membuka tempat khusus untuk buang air anjing sehingga kapanpun anjing memerlukan buang air besar atau kecil.