Cara Melatih Anjing Siberian Husky Agar Jinak dan Patuh

Cara Melatih Anjing Siberian Husky Agar JInak dan Patuh

Cara Melatih Anjing Siberian Husky Agar Jinak dan Patuh

Cara Melatih Anjing Siberian Husky Agar Jinak dan Patuh – husky adalah ras anjing yang cantik, mandiri, atletis, dan cerdas. Walaupun sikapnya tampak lembut dan penyayang.

Tipe anjing ini juga merupakan anjing yang sulit dilatih. Dikarenakan sifatnya yang berkelompok, husky akan menantang kepemimpinan anda dan menguji batas-batas yang ada.

Di lansir https://cal-graf.com/ sangatlah penting untuk kamu yang memelihara anjing ini untuk memahami temperamen guna memberinya pelatihan yang tepat untuk menghadapi berbagai hal dan situasi. Berikut ini tipsnya..

1.Tunjukkan diri Anda sebagai pemimpin

Siberian husky terkenal sulit untuk dilatih. Husky adalah anjing kawanan yang memiliki urutan hirarki kepemimpinan dan, oleh karenanya, memiliki sifat keras kepala, berkemauan kuat, dan mandiri. Dikarenakan husky juga memiliki sifat alami yang dapat merusak apabila tidak dilatih secara benar.

  • Sangatlah penting untuk mengetahui temperamen seekor Siberian husky. Kepercayaan diri dan kemauan yang kuat merupakan hal yang penting dimiliki sebagai seorang majikan guna membuat anjing Anda bersifat patuh. Husky hanya akan menghormati atau mendengarkan perintah yang berasal dari pemimpin kawanannya.
  • Memperlakukan husky Anda sebagai sosok yang setara bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena husky merupakan anjing kawanan dan hanya akan mengikuti pemimpinnya. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan diri Anda sebagai pemimpinnya sepanjang waktu, mulai dari makan terlebih dahulu, memasuki ruangan sebelum anjing Anda, atau menyuruh husky Anda bergeser.
  • Terkadang, husky menunjukkan sifat agresif dan berupaya untuk menggoyang posisi kepemimpinan dengan menggigit, berpostur, atau melakukan tindakan kekerasan lainnya. Dalam kondisi tersebut, Anda harus menunjukkan dominansi Anda sebagai seorang pemimpin. Apabila Anda membiarkan sikap-sikap tersebut, husky Anda akan terus melakukan agresi yang lebih kuat kepada orang dan anjing-anjing lainnya.
  • Terkadang, Siberian husky melakukan tindakan yang sangat alami baginya tapi tidak diharapkan oleh orang lain. Sebagai pemimpin, Anda akan memperoleh otoritas untuk melatih husky Anda agar tidak melakukan sikap buruk seperti melompat, menggali, menggigit, dan mengunyah. Seekor husky hanya akan mematuhi pemimpinnya.
2.Hadiahi sikap yang baik 

Sikap yang bagus merupakan landasan bagi anjing yang berwatak baik. Pemberian camilan yang lezat dan menggunakan suara yang menyemangati merupakan kombinasi yang efektif untuk mendorong husky Anda mengulangi sikapnya yang baik.

  • Pastikan Anda memberikan hadiah sesegera mungkin supaya husky Anda memahami sikap apa saja yang sebaiknya diulanginya. Apabila Anda menunggu terlalu lama, husky akan merasa bingung. Setelah husky menguasai suatu perintah, Anda tidak perlu lagi memberinya camilan.
  • Arahkan sikap yang buruk menjadi baik. Fokuskan perhatian anjing Anda dari sikap-sikap yang buruk ke baik. Hal ini akan memberi tahu husky hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  • Sistem pancingan dan hadiah merupakan metode yang aman karena husky tidak akan merasa takut, bersikap agresif, atau tertekan dari kekerasan. Alih-alih melakukan tindakan fisik pada husky, Anda hanya cukup membatasi jumlah camilan yang diberikan.
  • Buatlah pelatihan yang sederhana dan pasang target-target tertentu. Husky, sebagaimana halnya hewan pada umumnya, memiliki waktu belajar spesifik. Mulailah pelatihan dengan mudah, dari perintah-perintah yang sesedikit mungkin, dan tingkatkan perlahan-lahan menjadi lebih kompleks. Jangan lupa berikan hadiah atau camilan seiring dengan meningkatknya pemahaman husky Anda.
3.Disiplinkan husky Anda tanpa menggunakan kekerasan 
Selain hadiah dan pujian, husky juga harus didisiplinkan apabila melakukan tindakan buruk. Sama seperti hadiah, tindakan hukuman juga harus dilakukan secepat mungkin, konsisten, dan diarahkan untuk membentuk sikap yang baik.
  • Ajari kedisiplinan dengan tegas. Gunakan kata-kata seperti “jangan” atau “stop” dengan penekanan yang kuat tanpa emosi atau kemarahan.
  • Sepanjang waktu, pastikan Anda menunjukkan kepemimpinan dengan mengendalikan sesi latihan dan memberikan perintah secara tegas.
  • Sebuah perintah harus dipatuhi. Apabila husky menolak, tinggalkan dan jangan acuhkan ia tanpa memberikan apa yang diinginkannya. Setelah beberapa menit, berikan perintah yang sama lagi. Lakukan berulang kali dan dengan penuh kesabaran hingga husky mematuhi Anda.
  • Apabila husky Anda terus-menerus bersikap keras kepala dan menolak patuh setelah beberapa kali diberikan perintah, pindahkan ia ke area terisolasi untuk mencegahnya berinteraksi dengan orang lain sebelum kondisinya sudah lebih tenang.