5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan Biar Tidak Rontok

5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan Biar Tidak Rontok

5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan Biar Tidak Rontok

5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan Biar Tidak Rontok – Memelihara kucing di rumah bisa jadi cara untuk menghilangkan stres. Bermain bersamanya tentu menyenangkan bagi sebagian orang.

Namun, bulu kucing yang rontok jadi salah satu persoalan tersendiri bagi kamu yang memeliharanya. Bulu kucing sering kali menempel pada perabotan rumah dan membuatnya kotor.

Dilansir https://cal-graf.com kamu gak perlu bingung, ada beberapa cara ampuh untuk merawat bulu kucingmu biar gak lagi rontok. Simak tips merawat bulu kucing berikut ini.

1. Ganti makanan kucing secara berkala   

5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan biar Gak Rontok, Sudah Tahu? 

Salah satu penyebab bulu kucing rontok dengan hebat adalah makanannya yang gak cocok. Biasanya, terdapat kandungan yang membuat bulu jadi mudah rontok. Bisa juga karena makanan yang kamu berikan tak cukup memenuhi gizinya.

Biasanya, kucing yang mengalami kerontokan bulu kekurangan asupan vitamin A, E, dan protein. Nah, cobalah mengganti makanannya dengan melihat kandungan vitaminnya terlebih dahulu. Dengan begitu, kerontokan gak bakal terjadi lagi deh.

2. Mandikan kucing dengan sampo yang cocok  

√ Cara Memandikan Kucing dan Tips Lengkap dari Ahlinya!

Kucing juga butuh mandi seperti manusia. Meskipun hewan menggemaskan ini sangat membenci air, bukan berarti kamu malas untuk memandikannya, ya. Sebab, kucing yang jarang mandi bisa menyebabkan bulunya rontok, lho.

Mandikan kucingmu sekali atau dua kali dalam sebulan. Perlu diingat juga untuk selalu menggunakan sampo yang cocok. Sampo yang tak cocok malah membuat bulu kucingmu mudah rontok dan berketombe, lho. Kalau rontok, cobalah ganti secara berkala, ya!

3. Rajinlah menyisir bulu kucing   

Begini Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar - Kucing Lucu

Setelah dimandikan, jangan lupa untuk mengeringkan bulunya sampai tuntas. Gunakan handuk bertekstur lembut biar bulunya gak ikut tertarik. Sisir perlahan bulunya satu arah saja menggunakan sisir khusus kucing.

Kalau bisa, hindari untuk mengeringkan dengan hair dryer. Mungkin memang terlihat praktis dan efektif, namun kemungkinan bulu kucing bakal rontok jadi lebih besar, lho. Hawa panas dari hair dryer membuat bulu kucing rentan patah.

4. Jaga kebersihan kandang dan lingkungan  

Pahami Toksoplasma Pada Kucing yang Dapat Menyebabkan Kaum Hawa Susah Hamil

Selanjutnya, pastikan pula lingkungan yang kucingmu tinggali selalu bersih, mulai dari kandang dan rumahmu juga, lho. Kalau kondisi lingkungannya kotor, hal ini bisa menyebabkan tumbuh jamur di kucing dan membuat bulu makin rontok.

Mulailah dengan membersihkan kandangnya secara rutin dengan dicuci menggunakan sabun. Jemur di bawah sinar matahari langsung supaya kuman terbunuh. Untuk rumahmu, cukup jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah makanan sembarangan, ya.

5. Selalu buat kucingmu happy! 

Supaya Kucingmu Tumbuh Sebagai Kucing yang Ramah dan Menyenangkan, Coba 5  Tips Mudah Ini

Simpel namun sangat penting, pastikan kucingmu selalu senang dan tidak dalam kondisi stres. Kucing yang stres bakal menyebabkan kerontokan bulu lebih sering, lho. Biasanya, tanda kucing sedang stres adalah lebih sering tidur, mencakar berlebihan, hingga diare akut.

Cara menyenangkan kucing sangat mudah kok. Seringlah untuk mengajaknya berbicara sambil digendong. Kalau kucingmu bukan tipe yang suka digendong, ajak dia jalan-jalan di sekitar rumah. Belikan pula ia mainan baru. Dijamin, suasana hatinya bakal baik deh!