Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas & Termasuk Semut

Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas & Termasuk Semut

Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas & Termasuk Semut – Serangga adalah salah satu kelas avertebrata di dalam filum arthropoda yang memiliki exoskeleton berkitin, bagian tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala, thorax, dan abdomen, tiga pasang kaki yang terhubung ke thorax, memiliki mata majemuk, dan sepasang antena.

Dan Serangga adalah salah satu jenis hewan paling tangguh di dunia. Meskipun mereka terkenal dengan ukurannya yang kecil, tapi serangga sudah ada di dunia ini sejak 479 juta tahun lalu! Itu ratusan juta sebelum kemunculan jenis hewan lain seperti reptil, mamalia, serta burung.

Maka jelas, meski kecil, serangga tidak bisa diremehkan. Apalagi serangga yang merupakan karnivor. Banyak serangga karnivor Daftar IDN Poker adalah predator ganas lho, dan itu terbukti dari kemampuan mereka memangsa berbagai jenis hewan, bahkan hewan yang berukuran lebih besar dari dirinya sendiri. Contohnya  jenis serangga ini, yang merupakan predator ganas.

1. Semut tentara 
5 Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas, Termasuk Semut

Semut terdiri dari sangat banyak spesies. National Geographic menyebut bahwa jumlah spesies semut yang sudah diketahui adalah sekitar 10 ribu spesies. Maka berbagai spesies semut punya makanan yang beragam pula. Tapi secara umum semut makan nektar, biji-bijian, dan serangga. Mereka juga pemakan bangkai, hampir segala jenis bangkai pasti akan jadi incaran mereka.

Namun ada satu golongan semut yang berburu serta membunuh mangsanya sendiri, yaitu semut tentara. Tidak seperti semut pada umumnya, semut tentara tidak membangun sarang permanen. Mereka hidup dengan cara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, hanya membangun sarang sementara untuk beristirahat.

Dilansir laman DK Findout, koloni semut tentara bisa terdiri dari 2 juta semut! Gak heran jika mereka bisa membunuh hingga 100 ribu serangga, laba-laba, bahkan mamalia kecil. Setelah mereka menghabiskan semua yang bisa dimakan di suatu wilayah, barulah mereka akan pindah ke tempat baru. Benar-benar ganas dan destruktif!

2. Tawon 
5 Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas, Termasuk Semut

Seperti semut, tawon juga terdiri dari banyak spesies, dan beberapa spesies adalah predator ganas yang bisa memangsa hewan yang berukuran lebih besar dari mereka. Misalnya adalah tawon laba-laba (famili Pompilidae), sebuah golongan tawon yang memangsa laba-laba. Itu termasuk tawon tarantula, yang berburu tarantula si laba-laba terbesar di dunia.

Namun tawon laba-laba tidak menangkap laba-laba untuk dimakan, tapi itu adalah makanan bagi anak-anak mereka. Tawon laba-laba akan menangkap laba-laba, melumpuhkannya dengan sengatnya yang berbisa, lalu menyuntikkan telurnya ke dalam tubuh laba-laba. Telur-telurnya lalu akan menetas menjadi larva yang akan memangsa si laba-laba hidup-hidup dari dalam. Sadis!

3. Belalang sembah 
5 Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas, Termasuk Semut

Jenis serangga lain yang merupakan predator ganas adalah belalang sembah. Dilansir Animal Corner, belalang sembah biasanya makan serangga lain seperti lalat, jangkrik, kumbang, lebah, dan sebagainya. Tapi seekor belalang sembah yang berukuran besar juga bisa memangsa reptil, burung, dan bahkan mamalia kecil!

Belalang sembah juga bisa menjadi kanibal alias memangsa spesiesnya sendiri. Cara mereka berburu adalah dengan berkamuflase sambil menunggu mangsanya lewat. Lalu dengan menggunakan kaki depannya yang berduri, belalang sembah menangkap mangsanya secepat kilat. Duri pada kakinya memastikan mangsanya gak bisa kabur seraya belalang sembah mulai memakannya.

4. Capung 
5 Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas, Termasuk Semut

Capung mungkin terlihat sebagai serangga yang cantik, terutama dengan warna mereka yang bisa bermacam-macam. Tapi ternyata mereka juga adalah predator yang hebat. Mangsa capung umumnya adalah serangga seperti nyamuk, lalat, lebah, dan capung lain. Tapi seperti di gambar, capung juga bisa memangsa hewan yang lebih besar seperti burung!

Bahkan saat menjadi larva pun capung sudah cukup ganas, bisa memangsa kecebong dan ikan kecil. Capung adalah predator yang rakus. Laman Dupage Forest menyebut bahwa mereka bisa makan serangga setara berat badannya sendiri dalam sehari. Dengan kelincahannya saat terbang, capung bisa menangkap serangga di udara.

5. Robber fly 
5 Serangga Karnivor yang Merupakan Predator Ganas, Termasuk Semut

Serangga yang satu ini mungkin kamu belum pernah dengar, tapi mereka gak kalah garang dari empat serangga di atas. Robbery fly disebut juga assassin fly, yang berarti lalat pembunuh, dan mereka memiliki lebih dari 7.000 spesies yang tergabung dalam famili Asilidae. Nama lalat pembunuh memang cocok karena mereka mampu membunuh hampir segala jenis serangga.

Mangsa robber fly mencakup serangga yang lebih besar dari mereka, misalnya lebah, kumbang, kupu-kupu, capung, dan belalang. Bahkan, mereka juga memangsa laba-laba, dan robber fly betina suka memangsa robber fly jantan! Seperti capung, lalat ini jago menangkap mangsanya sambil terbang.

Cara robber fly membunuh mangsanya juga terbilang mengerikan. Mereka menyuntikkan cairan beracun di tubuh mangsanya yang akan membunuh sekaligus membuat tubuh mangsanya meleleh. Lalu menggunakan belalainya, lalat ini mengisap tubuh mangsanya dan hanya menyisakan rangka luarnya saja. Sadis!

Itulah lima serangga karnivor yang merupakan predator ganas dan bisa memangsa berbagai jenis hewan. Untung saja ukuran mereka kecil ya, karena kalau tidak, pasti manusia pun sudah terancam dengan keberadaan merek