Hewan-Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia Lho

Hewan-Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia Lho

Hewan-Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia Lho – Hewan, binatang, fauna, margasatwa, atau satwa  adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi Animalia. Dengan sedikit pengecualian, hewan mengonsumsi bahan organik, menghirup oksigen, dapat bergerak, bereproduksi secara seksual, dan tumbuh dari bola sel yang berongga, blastula, selama fase perkembangan embrio.

Lebih dari 1,5 juta spesies hewan yang masih hidup telah dideskripsikan—sekitar 1 juta di antaranya adalah serangga. Tetapi diperkirakan ada lebih dari 7 juta spesies hewan secara keseluruhan.  Manusia dan sebagian besar hewan mamalia memiliki susunan jari tangan yang unik dibandingkan kebanyakan hewan. Keunikannya adalah ibu jari kita terletak di posisi yang berlawanan dengan jari-jari lain. Dalam biologi, hal itu dikenal dengan nama opposable thumb alias ibu jari berlawanan.

Karena memiliki aplikasi idn poker open card 2021 ibu jari berlawanan, manusia dan hewan primata memiliki kemampuan menggenggam benda dengan kuat. Itu adalah kemampuan yang gak dimiliki kebanyakan hewan lain. Tapi selain primata, ternyata ada juga beberapa hewan yang memiliki ibu jari berlawanan. Hewan apa saja?

1. Koala 
Gak Hanya Primata, 5 Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia

Kamu pasti tahu hewan marsupial khas Australia ini. Koala adalah hewan yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon. Mereka menggunakan tangannya untuk memeluk batang pohon dan memetik daun-daun eucalyptus yang menjadi makanannya. Dan kalau kamu perhatikan di gambar, masing-masing tangan koala memiliki dua ibu jari berlawanan.

Selain itu, dua kaki koala memiliki masing-masing satu ibu jari. Maka secara total, koala memiliki enam ibu jari berlawanan. Dilansir laman Queensland, keunikan lain koala adalah memiliki sidik jari yang persis seperti manusia. Bahkan sidik jari manusia dan sidik jari koala bisa sulit dibedakan.

2. Opossum 
Gak Hanya Primata, 5 Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia

Selain koala, hewan marsupial lain yang memiliki ibu jari berlawanan adalah opossum. Opossum sendiri adalah marsupial yang tergabung dalam ordo Didelphimorphia dan terdiri dari lebih dari 100 spesies. Opossum jago memanjat, salah satunya karena mereka memiliki jempol berlawanan pada kaki depan dan belakangnya.

Dilansir Treehugger, susunan jari kaki belakang opossum tampak sangat mirip dengan manusia. Ibu jari mereka adalah satu-satunya jari yang tidak berkuku, sehingga memudahkan mereka menggenggam batang pohon saat memanjat. Selain jari-jarinya, opossum juga memiliki ekor prehensil yang membuat mereka bisa bergelantungan di dahan pohon.

3. Panda 
Gak Hanya Primata, 5 Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia

Ibu jari berlawanan juga dimiliki oleh panda, si beruang hitam putih khas Tiongkok. Kaki depan panda memiliki lima jari, namun pergelangan tangannya memiliki tulang sesamoid yang berperan sebagai ‘jari keenam’ dan memiliki fungsi seperti ibu jari manusia. Panda adalah satu-satunya spesies beruang yang memiliki jari tersebut.

Sebagai pemakan bambu, panda menggunakan ibu jari berlawanannya itu untuk menggenggam bambu. Itu menjelaskan kenapa spesies beruang lain tidak memilikinya, karena mereka adalah pemakan daging yang tidak perlu menggenggam makanannya seperti panda. Menggunakan jarinya, panda menggenggam dan makan hingga 38 kg bambu setiap hari!

4. Tikus bersurai 
Gak Hanya Primata, 5 Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia

Hewan pengerat juga ada yang memiliki ibu jari berlawanan, yaitu tikus bersurai (Lophiomys imhausi). Penampilan tikus ini sangat unik karena memiliki surai sehingga tampak seperti landak. Selain itu, tikus ini memiliki ciri yang tak biasa dimiliki hewan pengerat yaitu ibu jari berlawanan.

Dilansir Animal Diversity, ibu jari berlawanan yang dimiliki tikus ini cocok untuk gaya hidup mereka yang arboreal alias banyak memanjat pohon. Mereka menghabiskan waktunya di pepohonan pada siang hari dan baru turun untuk mencari makan pada malam hari. Tikus bersurai adalah pemakan dedaunan, tapi mereka juga suka makan serangga.

5. Katak pohon monyet lilin 
Gak Hanya Primata, 5 Hewan Ini Juga Punya Ibu Jari seperti Manusia

Last but not least, ada spesies katak unik yang memiliki ibu jari berlawanan, yaitu katak pohon monyet lilin (Phyllomedusa sauvagii). Sesuai namanya, katak ini hidup di pohon. Mereka memiliki ibu jari berlawanan yang membuatnya sangat piawai memanjat. Cara bergeraknya di atas pohon pun bukan melompat, melainkan berjalan sambil mencengkeram batang pohon.

Kebiasaan itulah yang membuat katak ini mendapat sebutan monyet dalam namanya. Sementara sebutan lilin diberikan karena katak ini bisa mengeluarkan senyawa seperti lilin dari kulitnya yang berfungsi untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari. Dilansir World Wildlife, katak ini hidup di Amerika Selatan.